Shade dan Filter (2)

Sudah baca teknik pasif pertama dari shade dan filter sebelumnya yang ada di sini? Jika sudah, yuk kita kenali 2 teknik pasif terakhir dari shade dan filter berikut ini.

 

  1. Recessed Sun Spaces

Recessed Sun Spaces adalah subtract pada suatu lantai rumah atau bangunan, sehingga diperoleh pembayangan terhadap radiasi panas matahari. Bentuknya dapat berupa balkon pada tiap lantai. Suhu udara yang terbayang akan menjadi lebih sejuk, sehingga dapat dimanfaatkan untuk penghawaan alami.

Pertimbangan recessed sun spaces yaitu :

  1. Kebutuhan pembayangan

Pembayangan terkait sudut jatuh sinar matahari.

  1. Kebutuhan view

Makin dalam subtract maka view makin terbatas.

  1. Kebutuhan estetika

Dimensi subtract harus proporsional terhadap dimensi fasad.

Berikut contoh recessed sun spaces pada The Peak Apartment. Fasad menghadap ke selatan dan dengan subtract berupa balkon pada setiap lantai dapat diperoleh pembayangan optimal di depan bukaan udara (pintu).

  1. Transitional Spaces

Transitional Spaces adalah subtract pada rumah atau bangunan dengan dimensi cukup besar sebagai pembayang terhadap radiasi panas matahari dan ruang transisi udara sebelum masuk ke dalam rumah, sehingga dapat diperoleh iklim mikro.

Pertimbangan transitional spaces yaitu :

  1. Kebutuhan pembayangan

Pembayangan terkait sudut jatuh sinar matahari.

  1. Kebutuhan estetika

Dimensi subtract tetap memberikan estetika pada fasad.

Dengan adanya ruang transisi (transitional spaces), ada bagian lantai yang harus dialihkan menjadi ruang terbuka. Untuk sirkulasi udara, pada fasad dibuat bukaan udara dan pintu untuk aksesbilitas ke luar rumah. Sementara untuk estetika dan suplai oksigen, ruang terbuka dapat diolah menjadi taman/skycourt.

Transitional spaces berdampak terhadap efektivitas luas ruang yang disewakan atau dijual oleh rumah atau bangunan komersial lainnya. Tetapi, di sisi lain terdapat keuntungan dari perolehan udara yang dapat mengurangi beban AC. Selain itu, diperoleh pembayangan terhadap bukaan udara/cahaya. Maka biaya operasional rumah untuk pengondisian udara dapat ditekan, sedangkan suhu ruang tetap dapat diusahakan dalam kondisi yang dibutuhkan. Keuntungan jangka panjang inilah yang menutup kerugian karena pengurangan jumlah luas lantai yang dioperasikan.

 

Sumber: Fisika Bangunan 1 by Nur Laela Latifah, ST. MT.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *